Nama : Nizar Awalludin Daud
Nim :
11510038
Kelas :
Manajemen A
Dosen : YAYUK SRI RAHAYU, SE., MM
TUGAS PENGANTAR
MANAJEMEN
PENGORGANISASIAN
1.
Gambarkan bentuk
struktur organisasi dan beri contoh
2.
Apa yang
dimaksud dengan spesialisasi pekerjaan ? apa keuntungan dan kerugiannya ?
Yang di maksud dengan spesialisasi kerja
adalah tingkat dimana keseluruhan tugas dalam organisasi dipecah dan dibagi
menjadi bagian-bagian komponen yang lebih kecil.
Keuntungannya adalah pembagian kerjanya
menjadi lebih terperinci dan efisien, Pekerja yang melaksanakan tugas kecil dan
sederhana akan menjadi lebih pandai dalam tugas tersebut. Dan kerugiannya dalah
pekerja menjadi bosan dan tidak puas, tidak ada tantangan pekerjaan, angka
ketidakhadiran meningkat
3.
Apa yang
dimaksud dengan analisis pekerjaan dan bagaimana hubungannya dengan perencanaan
sumber daya manusia ?
Adalah prosedur untuk menentukan
tanggung jawab dan persyaratan yang dibutuhkan dari pekerjaan dan jenis orang
yang harus dipekerjakaan untuk pekerjaan tersebut.
Hubungannya: analisis sistematis
terhadap pekerjaan dalam organisasi yang terdiri dalam 2 bagian berfungsi
pekerjaan, evolusi sistematis terhadap tugas tugas yang berkaitan dengan
kinerja suatu pekerjaan.
4.
Sebutkan dan
jelaskan upaya yang harus dilakukan perusahaan untuk mempertahankan sumber daya
manusia !
Memberikan konpensasi yang sesuai
maksutnya memberi imbalan yang diterima atas pengorbanan dan jasa untuk
pekerjaan sebagai anggota organisasi apabila kinerja keryawan bagus, serta memberikan
bonus-bonus yang bisa memberi semangat baru bagi karyawan organisasi.
KEPEMIMPINAN
1.
a) Jelaskan pengertian
kepemimpinan !
adalah proses dalam menyerahkan dan mempengaruhi para
anggota dalam hal berbagai aktivitas tertentu. Griffin (2000) membagi pengertian
kepemimpiman menjadi 2 dua yaitu : 1. Sebagai konsep 2. Sebagai atribut.
b) Apakah beda antara manejer dengan pemempin ?
pemimpin: -Penentuan
arah kegiatan
-penyatu
orang
-penyediaan
motivasi dan inspirasi
Manajer: -perencanaan
dan pengawasan
-pengorganisasian
dan penempatan SDM
-pengawasan
dan pemecahan masalah
2.
Sebut dan jelaskan secara
singkat ciri-ciri kepemimpinan !
Energi: mempunyai kekuatan mental dan fisik
Stabilitas emosi: mampu mengendalikan emosi dimanapun
tempat dan keadaan
Berpengetahuan: memiliki pengetahuan luas
Bermotivas: memiliki motivasi pribadi dan untuk semua
orang
Memiliki komunikasi yang bagus
Kemampuan teknik dalam menganalisis dan merencanakan
wewenang
Kemampuan sosial yang tinggi terhadap rekan-rekan
3.
Sebut dan jelaskan
kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin !
Komunikasi : mempunyai komunikasi yang bagus
Motivasi : pemimpin harus bisa memotivasi diri dan orang
lain
Pengambilan keputusan : harus tegas mengambil keputusan
Interpersonial skill : harus memiliki keahlian tersendiri
Manajerial skill : harus bisa menetapkan tujun
perencanaan pengorganisasian penyusunan personil
4.
Jelaskan satu pendekatan
di dalam kepemimpinan !
Pendekatan Personal : pendekatan ini mencoba melihat
bahwa karakteristik pemimpin bukanlah sekedar dilihat dari satu sisi fisik
saja, tetapi juga dari kemampuannya untuk mencapai tujuan dari sebuah
organisasi
5.
Jelaskan apa yang
dimaksud dengan kepemimpinan karismatik dan kepemimpinan situasional !
Kepemimpinan karismatik : kepemimpinan yang mengasumsikan
bahwa karisma merupakan karakteristik individu yang dimiliki oleh seorang
pemimpin yang dapat membedakannya dengan pemimpin yang lain.
Kepemimpinan Situasional : kepemimpinan yang
mengansumsikan bahwa perilaku pemimpin yang tepat bervariasi dari satu situasi
ke situasi lainnya.
MOTIVASI
1.
Jelaskan pengertian
motivasi !
Motivasi merupakan pertimbangan yang penting bagi manajer
karena motivasi, kemampuan, dan faktor lingkungan sangat mempengaruhi kinerja
individu.
2.
Bagaimana arti penting
motivasi di dalam lingkungan kerja ?
Dalam suatu lingkungan kerja sangat penting membutuhkan
motivasi karena pada kinerja terkadang akan mengalami penurunan kinerja
sehingga adanya motivasi memberikan hal positif yang mendorong semangat dan
potensi diri.
3.
Jelaskan singkat 3 macam
perspektif pendekatan motivasi di bawah ini !
(1) PERSPEKTIF HISTORIS
(a) Pendekatan tradisional
Taylor
menganjurkan sistem kompensasi insentif karena faktor ekonomi merupakan faktor
utama yang memotivasi karyawan.
(b) Pendekatan hubungan manusia
Menekankan pada
proses2 sosial dalam lingkungan kerja.
(c) Pendekatan sumber daya manusia
Kontribusi dan
partisipasi karyawan akan meningkatkan motivasi kerja.
(2) PERSPEKTIF KEPUASAN
(a) Hierarki kebutuhan maslow
Teori motivasi yang
dikembangkan oleh Abraham H.Maslow pada intinya berkisar pada pendapat bahwa
manusia mempunyai lima tingkat atau hierarki kebutuhan, yaitu :
• Fisiologis
• Keamanan, keselamatan dan perlindungan
• Sosial, kasih sayang, rasa dimiliki
• Penghargaan, rasa hormat internal seperti harga diri, prestasi
• Aktualisasi diri, dorongan untuk menjadi apa yang mampu ia menjadi.
• Fisiologis
• Keamanan, keselamatan dan perlindungan
• Sosial, kasih sayang, rasa dimiliki
• Penghargaan, rasa hormat internal seperti harga diri, prestasi
• Aktualisasi diri, dorongan untuk menjadi apa yang mampu ia menjadi.
(b) Teori EGR
dari tiga istilah yaitu : E = Existence (kebutuhan akan eksistensi), R =
Relatedness (kebutuhanuntuk berhubungan dengan pihak lain, dan G = Growth (kebutuhan
akan pertumbuhan)
bahwa :
• Makin tidak terpenuhinya suatu kebutuhan tertentu, makin besar pula keinginan untuk memuaskannya;
• Kuatnya keinginan memuaskan kebutuhan yang “lebih tinggi” semakin besar apabila kebutuhan yang lebih rendah telah dipuaskan;
• Sebaliknya, semakin sulit memuaskan kebutuhan yang tingkatnya lebih tinggi, semakin besar keinginan untuk memuasakan kebutuhan yang lebih mendasar.
• Makin tidak terpenuhinya suatu kebutuhan tertentu, makin besar pula keinginan untuk memuaskannya;
• Kuatnya keinginan memuaskan kebutuhan yang “lebih tinggi” semakin besar apabila kebutuhan yang lebih rendah telah dipuaskan;
• Sebaliknya, semakin sulit memuaskan kebutuhan yang tingkatnya lebih tinggi, semakin besar keinginan untuk memuasakan kebutuhan yang lebih mendasar.
(c) Teori dua faktor
Teori Dua Faktor yaitu faktor penggerak motivasi dan faktor higienis
(3) PERSPEKTIF PROSES
a) Teori pengharapan
Teori ini berargumen bahwa
kekuatan dari suatu kecenderungan untuk bertindak dengan suatu cara tertentu
bergantung pada kekuatan dari suatu pengharapan bahwa tindakan itu akan diikuti
oleh suatu keluaran tertentu, dan pada daya tarik dari keluaran bagi individu
tersebut.
b) Teori keadilan
Inti teori ini terletak pada pandangan bahwa manusia terdorong untuk
menghilangkan kesenjangan antara usaha yang dibuat bagi kepentingan organisasi
dengan imbalan yang diterima. Artinya, apabila seorang pegawai mempunyai
persepsi bahwa imbalan yang diterimanya tidak memadai, dua kemungkinan dapat
terjadi, yaitu :
• Seorang akan berusaha memperoleh imbalan yang lebih besar, atau
• Mengurangi intensitas usaha yang dibuat dalam melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawabnya.
• Seorang akan berusaha memperoleh imbalan yang lebih besar, atau
• Mengurangi intensitas usaha yang dibuat dalam melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawabnya.
c) Teori penetapan tujuan
Eduin Locke
mengemukakan bahwa dalam penetapan tujuan memiliki empat macam motivasi yakni
tujuan mengarahkan perhatian, tujuan mengantar upaya,tujuan mengangkatkan
presistensi, dan tujuan menunjang strategis dan rencana-rencana kegiatan.
4.
Untuk dapat memotivasi
karyawan di dalam perusahaan maka manajer perlu melakukan teknik-teknik
tertentu, sebutkan teknik motivasi yang anda ketahui !
faktor-faktor yang dikendalikan melalui
pengaruh yang dipunyai oleh seorang manajer atau wirausaha yang berupa
imbalan-imbalan sebagai berikut:
1. Gaji
2. Kondisi kerja
3. Penghargaan
4. Jenjang karier
5. Tanggung jawab
Bahwa seseorang pekerja termotivasi untuk bekerja lebih baik tergantung dari faktor yang dikendalikan oleh seorang pemimpin perusahaan atau seorang wirausaha dan interaksi positif antar dua faktor tersebut yang pada umumnya menghasilkan tingkat motivasi yang tinggi.
1. Gaji
2. Kondisi kerja
3. Penghargaan
4. Jenjang karier
5. Tanggung jawab
Bahwa seseorang pekerja termotivasi untuk bekerja lebih baik tergantung dari faktor yang dikendalikan oleh seorang pemimpin perusahaan atau seorang wirausaha dan interaksi positif antar dua faktor tersebut yang pada umumnya menghasilkan tingkat motivasi yang tinggi.
KOMUNIKASI
1. Jelaskan pengertian komunikasi
Komunikasi adalah penyampaian informasi dari
satu orang ke orang lain. Komunikasi bisa dilakukan secara langsung dan secara
tidak langsung.
Apa saja komponen dari proses komunikatif ?
Pengirim kemudian
enkording kemudian mediator kemudian dekording kemudian kepada penerima
2. Komunikasi berdasarkan media
Langsung :
komunikasi yang dilakukan tanpa media dan langung ditujukan kepada lawan bicara
contohnya adalah saat kita berbicara kepada orang lain.
Tidak langsung :
komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan media yakni perangkat penyalur
dengan tanpa bertatap muka, contoh berbicara kepada orang lain dengan telefon
Komunikasi
berdasarkan besarnya sasaran
Komunikasi massa:
komunikasi yang di lakukan dengan sasaran kelompok atau komunitas masa yang
berjumlah banyak,yang umumnya tidak dikenal contohnya melalui televisi
Komunikasi
kelompok: komunikasi yang dilakukan tersahadap suatu kelompok yang dikenal yang
umumya dapat dihitung jumlahnya contohnya presentasi di dalam kelas
Komunikasi
peseorangan: komunikasi yang dilakukan oleh orang satu dengan orang satu lainnya
secara berpasangan dan mengenal satu sama lain dalam kedekatan contoh kita
berbicara pada 1 teman.
Komunikasi
berdasarka arah pesan
Komunikasi satu
arah: komunikasi yang dari satu sumber informasi membentuk arah lurus dengan
penyaluran pesan memaluli informasi dari satu orang keorang yang lain.
Komunikasi dua
arah : komunikasi yang dilakukan oleh satu orang dan lainya dapat berpendapat
seperti contohnya tanya jawab dalam berdiskusi
3. Apa saja metode komunikasi informasi ? sebutkan contoh-contoh komunikasi
non verbal yang mungkin terjadi di perusahaan.
Metode informal
a. Tidak selalu mengikuti pola pelaporan resmi dan jalur-jalur yang tidak
ditentukan.
b. Dapat melintasi berbagai level berbeda/unit kerja dan belum tentu berkaitan
dengan urusan resmi organisasi.
c. Komunikasi yang dilakukan oleh berbagai pihak maupun berbagai bagian dalam
organisasi secara kaku dalam mengikuti tingkatannya.
Contoh komunikasi non-verbal adalah seseorang/beberapa
orang yang melakukan mogok kerja karena menuntut kenaikan gaji.
FUNGSI
PENGENDALIAN:PROSES PENGONTROLAN
1.
Apa tujuan dari
pengendalian organisasi ? mengapa pengendalian penting ?
Proses untuk
memastikan bahwa segala aktivitas yang terlaksana sesuai dengan apa yang telah
direncanakan. Tujuannya adalah beradaptasi dengan perubahan lingkungan,
membatasi akumulasi kesalahan, mengatasi kompleksitas organisasi, meminimalis
biaya.
Pengendalian
penting karena agar apa-apa yang telah direncanakan dapat tercapai secara
efektif dan efisien.
2.
Apa sajakah
langkah-langkah dalam proses pengendalian ? langkah mana yang kemudian paling
sulit dijalankan ? mengapa ?
Langkah
langkahnya adalah menetapkan standar dan metode penilaian kinerja, penilaian
kinerja, penilaian apakah kinerja memenuhi standar apa tidak, menentukan
kebutuhan akan tindakan korektif.
Langkah yang
paling sulit adalah dalam menentukan kebutuhan akan tindakan korektif. Karena
dalam proses pengontrolan banyak hal-hal yang tidak terduga akan terjadinya
bisa saja hal yang sudah direncanakan tidak terlaksana karena minimnya waktu
maka dalam korektif banyak hal yang perlu diperhitungkan lagi.
3.
Sebutkan faktor-faktor
yang mempengaruhi efektivitas pengontrolan!
-
Terjadinya penurunan
pendapatan/profit namaun tidak jelas faktur penyebabnya.
-
Penurunan kualitas
pelayaran
-
Ketidak puasa pegawai
-
Tidak terorganisasi
setiap pekrjaan dengan baik
-
Adanya penghanburan dan
reefesiensi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar